Minggu, 13 Maret 2011

Polytron Minimax Model TZ-30586 Protek

Tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman untuk merepair TV Polytron Minimax dengan kerusakan 'menyala sebentar kemudian kembali stanby atau protek'. Wah pekerjaan mudah nih pikir saya dalam hati.

Setelah bongakar body belakang tv langkah selanjutnya bersihakan dulu board tv dari debu debu nakal yang menempel. Setelah itu cek fisik solderan pada rangkaian regulator, horisontal dan vertikal dan tidak lupa menyolder ulang semua yang sekiranya dianggap kendor solderannya.
Setelah dirasa cukup maka saatnya untuk mencoba menyalakan tv dan ternyata setelah power ditekan maka bisa on tetapi masih tetap stanby kembali.

Sampai saat ini saya masih tetap anggap ini masalah sepele, selanjutnya ganti elco filter pada teg 50V yang nilainya 10uf/68V dengan elco yang nilainya lebih besar yaitu 47uf atau 100uf/100V. Kemudian saatnya untuk mencoba kembali dan ternyata masih sama saja.

Waduh kayanya harus berpikir lebih berat nih, akhirnya saya telusur saja jalur protek yang menuju ke rangkaian vertikal, pada jalur tersebut melewati sebuah elko yang nilainya 1uf/50V, akhirnya dengan kecurigaan yang sangat tinggi maka saya ganti elko tersebut. Dan akhirya waktunya mencoba lagi dan ternyata makces tv dapat menyala dengan normal.
Sambil menunggu tv di tes drive saya nikmati dulu hidangan + minuman yang disajikan oleh konsumen.

Setelah dirasa cukup tes drive buat tv tersebut sekaligus perut sudah kenyang, sekarang saatnya menutup tv , terima angpau dan cabutt...

Jangan lupa klik juga link ini.....

Thanks GOD.....

1 komentar:

  1. Play Online Gambling for Fun - Videoslots.cc
    Gambling is popular in India. youtube to mp4 It is a hugely popular social casino game which has become popular across the world for gambling  Rating: 5 · ‎2 votes

    BalasHapus